Gururupa1ndonesia
[TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK Loadin11

Join the forum, it's quick and easy

Gururupa1ndonesia
[TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK Loadin11
Gururupa1ndonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

[TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK

2 posters

Go down

[TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK Empty [TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK

Post by Anri Januar Mon Sep 19, 2011 9:58 pm

Saya coba Share tentang Frequency $ Engineer Hand book ...
Saya melihat di sini Banyak sekali Composer yang LUAR BIASA ...
Saya coba bantu sedikit Untuk Frequency & Engineer Hand book, ...
Semoga bermanfaat :

SIGNAL GENERATOR ( Scale & Frequencies ) :

Reference Pitch : A4 = 440,0 Hz
Wavefrom = Triangular

Scale & Frequencies sebagai berikut :

Dalam Octave Ke 0 adalah sebagai berikut :

C = 16,4 Hz C# = 17,3 Hz
D = 18,4 Hz D# = 19,4 Hz
E = 20,6 Hz
F = 21,8 Hz F# = 23,1 Hz
G = 24,5 Hz G# = 26,0 Hz
A = 27,5 Hz A# = 29,1 Hz
B = 30,9 Hz
C1 = 32,7 Hz

Dalam Octave ke 1 adalah sebagai berikut :

C = 32,7 Hz C# = 34,6 Hz
D = 36,7 Hz D# = 38,9 Hz
E = 41,2 Hz
F = 43,7 Hz F# = 46,2 Hz
G = 49,0 Hz G# = 51,9 Hz
A = 55,0 Hz A# = 58,3 Hz
B = 61,7 Hz
C2 = 65,4 Hz

Dalam Octave ke 2 adalah sebagai berikut :

C = 65,4 Hz C# = 69,3 Hz
D = 73,4 Hz D# = 77,8 Hz
E = 82,4 Hz
F = 87,3 Hz F# = 92,5 Hz
G = 98,0 Hz G# = 103,8 Hz
A = 110,0 Hz A# = 116,5 Hz
B = 123,5 Hz
C3 = 130,8 Hz

Dalam Octave ke 3 adalah sebagai berikut :

C = 130,8 Hz C# = 138,6 Hz
D = 146,8 Hz D# = 155,6 Hz
E = 164,8 Hz
F = 174,6 Hz F# = 185,0 Hz
G = 196,0 Hz G# = 207,7 Hz
A = 220,0 Hz A# = 233,1 Hz
B = 246,9 Hz
C4 = 261,6 Hz

Dalam Octave ke 4 adalah sebagai berikut :

C = 261,6 Hz C# = 277,2 Hz
D = 293,7 Hz D# = 311,1 Hz
E = 329,6 Hz
F = 349,2 Hz F# = 370,0 Hz
G = 392,0 Hz G# = 415,3 Hz
A = 440,0 Hz A# = 466,2 Hz
B = 493,9 Hz
C5 = 523,3 Hz

Dalam Octave ke 5 adalah sebagai berikut :

C = 523,3 Hz C# = 554,4 Hz
D = 587,3 Hz D# = 622,3 Hz
E = 659,3 Hz
F = 698,5 Hz F# = 740,0 Hz
G = 784,0 Hz G# = 830,6 Hz
A = 880,0 Hz A# = 932,3 Hz
B = 987,8 Hz
C6 = 1046,5 Hz

Dalam Octave ke 6 adalah sebagai berikut :

C = 1046,5 Hz C# = 1108,7 Hz
D = 1174,7 Hz D# = 1244.5 Hz
E = 1318.5 Hz
F = 1318.5 Hz F# = 1318.5 Hz
G = 1568.0 Hz G# = 1661.2 Hz
A = 1760.0 Hz A# = 1864.7 Hz
B = 1975.5 Hz
C7 = 2093.0 Hz

Dalam Octave ke 7 adalah sebagai berikut :

C = 2093.0 Hz C# = 2217.5 Hz
D = 2349.3 Hz D# = 2489.0 Hz
E = 2637.0 Hz
F = 2793.8 Hz F# = 2960.0 Hz
G = 3136.0 Hz G# = 3322.4 Hz
A = 3520.0 Hz A# = 3729.3 Hz
B = 3951.1 Hz
C8 = 4186.0 Hz

Dalam Octave ke 8 adalah sebagai berikut :

C = 4186.0 Hz C# = 4434.9 Hz
D = 4698.6 Hz D# = 4978.0 Hz
E = 5274.0 Hz
F = 5587.7 Hz F# = 5919.9 Hz
G = 6271.9 Hz G# = 6644.9 Hz
A = 7040.0 Hz A# = 7458.6 Hz
B = 7902.1 Hz
C8 = 8372,0 Hz

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Trik mixing sederhana (recording) 80% pakai software

trik mixing sederhana (recording)
software terserah tapi gue senang pake audacity, kalo cubase dll hanya buat 'jembatan'
audacity di MAC + LINUX (coz LADSPA hasilnya lebih bagus), oh ya pakai yang 1.2.6 sama 1.3.x

Mixing = balancing all track yang telah kita record (+effect2), run to clean and clear project with taste

mastering = art of mixing (acustico dinamicos sonido)

software
bisa juga pakai GarageBand tapi ribet secara MAC, rekomendasi Rosegarden buat MIDI (cubase-nya LINUX)

1. take vocal, di kamar 2x3 meter, biar mantap depannya mic kasih kasur busa (jangan spring bed)
2. take instrumental, pake software (banyak bertebaran) aja biar nggak banyak biaya, ya manfaatin realistic
engine gitu (katanya tergampang pake guitar pro tapi butuh keahlian khusus), kecuali kalo akustikan
3. vocal limiter sekitaran 14khz-16khz, biar nggak jebol di resample ke 32khz
4. posisi vocal +2db daripada instrumental
jadi kalo vocal pada 4.8db maka instrumental di 2.8db (bisa pake 'bridge'/instrumental mono di 1db
intinya kalo vocal dibuat stereo center, tapi kalo instrumen stereo surround

5. gunakan 4x4 pole allpass filter (audacity) untuk releasing peak (hasilnya ampuh banget)
6. trik kuno revealer frekuensi .mp3 (jurus paling maut)
- pake winamp write disk .wav
- centang convert to 48khz, 16bit, stereo (diatas cd quality)
- setelah jadi di convert ke 44khz, 16bit, stereo
7. mixing pake quick mix (audacity), alesannya cepet aja
8. vst, asio, autotune etc gw pake cubase (hebatnya cuma itu doang cz kalo multitrack nggak banget)
sebenernya auto tune juga bisa langsung dipake ke audacity
9. untuk efek stereo (terbaik di kuping)
- dolbyprologic gw pake jetaudio 5 (teknik re-recording)
- BBE viva gw pake jetaudio 6 (teknik re-recording)
- simple delay, dsp + hi-pass booster gw pake winamp (teknik disk write)
- dolby, crystality, matrix combo gw pake k-lite/ffdshow (teknik re-recording)
10. kadang banyak yang mendewakan cubase dan wavelab, tapi kayaknya terlalu berlebihan
kalau yang lagi naik prosonus studio one (devel-nya mantan nuendo)

PS: Soundcard realtek hd, conexant, c-media 3d
MIC pake standar 'rekaman' shure 58 (mahal), sebetulnya khusus buat live tapi dibungkus busa tipis
luarannya gitu (kalo teknik hack-nya pake 2 jenis mic yang spec beda)
sebenarnya bisa pake mic Condenser tapi range suara terlalu luas
kalo suara terlalu kering di kasih BBE viva (jetaudio) cari cepetnya
kalo suara terlalu basah di kasih BBE (jetaudio)
khusus drum kudu pake drum asli

TIPS instrumen (audacity) lebih mantap lebih clean:
kalo mau kaku pake ini (keren sih) [You must be registered and logged in to see this link.]

piano solo atau gitar akustik: biarkan alami, cuma hi cut di 11khz
(bisa juga range sampai 16khz buat soft tail treble), environment hall dan 3d

kick: ambil di 40hz - 90hz (kasih hyper bass, ini nggak muncul di EQ tapi kedengaran)
kalo kurang dinaikin dikit, cut low mid antara 180-380hz, pas dan solid tapi rapuh

bass: ambil 50hz-100hz. bagian vital di sekitar 310hz agak dilonggarkan - 600hz
ada base vokal sedikit disini, string disekitaran 1.5khz-4khz (GLAME mid)

snare: pasang low filter/cut frekuensi 80-110hz
tracknya di 5-8khz, aktifkan Equalizer akustik

vocal: cut low di 310hz, terus di GLAME low - untuk atasnya agak susah karena kadang jumping
solusi cek spektrum lalu di de-amply yang noise, kalau pake enhancer seperti melodyne kurang pas
(ini sebabnya kenapa vocal harus prima, dan jangan pake hyper bass u/ vocal)

gitar: pasang low filter/cut frekuensi 80-110 hz (ruang kick & bass)
cut low mid antara 400-500hz supaya ngeblur (GLAME mid)
ambil di 2-5khz untuk wet. angkat 8-10khz untuk dry. aktifkan Equalizer akustik di 9-11 khz (GLAME mid)

treble: 12-18,5khz, tapi kadang ada yang ambil di 10khz

bisa pake jurus envelope, bisa doping juga pake macaw (gratisan tapi mantap)

TIPS DUB/Karaoke (mantap):
Instrument di normalize (headphone)
vocal take langsung reverb stage etc sesuai instrumen (normalize?) liat tips atas
EQ + envelope biar blend frequency dgn musik, melodyne atau Pitch and Wrap (cubase 5)
(atau pake Audition 3.0 lumayan clean), vocal direcompress supaya tidak wide dynamic
reverb lagi jika perlu, di mix + release peak


HASIL nggak kalah sama studio, senjata asli fandub dari YUI-lover
kalo ada teknik lain share ya, ngirit tapi kualitas maut

- updated -

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mixing Engineer Handbook :
@ VOCAL Male : Fullness at 120 Hz, Presence at 2KHz-4KHz, Sibilance at 4KHz-9KHz, Breath/Air at 10KHz-16KHz,
@ VOCAL Female : Fullness at 240 Hz, Presence at 2KHz-4KHz, Sibilance at 4KHz-9KHz, Breath/Air at 10KHz-16KHz
( tapi tetep aj semua tergantung Kebutuhan & Selera )
info :
Audio Moderen : Vocal no.1 & Snare Drum no.2 (Vocal is the King & Snar Drum is the Queen)


Golden rules Of EQ :
*. If it sounds muddy, cut some at 250Hz,
*. If it Sounds honky, cut some at 500Hz,
*. Cu if you're trying to make things sound better,
*.boost if you're trying to make things sound different,
*. You can't boost something that's not there in the first place.


Mixing Engineer Handbook :
@ string : Fullness at 240Hz, scratchiness at 7-10Hz,


Magic Frequencie :
@ Bass Guitar : Bottom at 70Hz/80Hz-100Hz, attack at 700Hz, Snap at 2.5KHz

GOLDEN RULES OF EQUALIZER :
*Cut if you're trying to make things sound better,
*Boost if you trying to make things sound different,
*You can't boost something that's not there in the first place.

@ VOCAL Male : Fullness at 120 Hz, Presence at 2KHz-4KHz, Sibilance at 4KHz-9KHz, Breath/Air at 10KHz-16KHz,
@ VOCAL Female : Fullness at 240 Hz, Presence at 2KHz-4KHz, Sibilance at 4KHz-9KHz, Breath/Air at 10KHz-16KHz.

*Kick Drum : Bottom/punch at 50-100Hz, hollowness at 400Hz, Attack 3KHz-5KHz, Mudiess below at 800Hz, fullness at 100-250Hz
*Bass : bottom at 50-80Hz, attack at 700Hz, snap at 2,5KHz.

Jarum VU Meternya sering menari-nari di angka -0 dBFS, Tp engga ngePeak,
max di angka -3/-2dBVU, Hehehe...
( VU Reference Level = -12dBFS ,dan VU Integeration Time = 300ms )...

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian Dulu,
Semoga Bermanfaat,
Dan kalo ada kata2 yang salah, Mohon dimaafkan ...

SALAM ISTIMEWA SUKSES LUAR BIASA !!!
Anri Januar
Anri Januar
Donatur

$$$
Donatur$$$


Join date : 20.06.10
Location : TANGERANG
Tim Favorit : DREAM THEATRE hehehe

Kembali Ke Atas Go down

[TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK Empty Re: [TIPS] FREQUENCIY, & ENGINEER HANDBOOK

Post by fallconicz Sat Sep 24, 2011 11:01 am

bingung kang Anrie ane baca tulisan ente...

ckckckc.... emang TOP dah musisi yg satu ini

fallconicz
fallconicz
Balarupa
Balarupa

Join date : 03.10.10
Location : Machida Japan
Tim Favorit : Chelsea Gamba Osaka PSIS

http://salatsukeworld.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik