Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
+21
d1ka
c4ptain60
asa
meowismynickname
Sambalgoreng85
ockeygibol
anak baik
daffa116523
kaskusbola
egakoh
nomad
bakero_133
R13Z
da_cott
dravann
chaundeep
Feirha
boongasz
muchaiminclan
Junior Iqfar
admin
25 posters
Halaman 1 dari 2
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
disadur totally from the largest indonesian community.
Enjoy [You must be registered and logged in to see this image.] Vs
Segmentasi Pasar
Klo liat review,tomshardware mnurut saya lumayan komprehensif.dijelasin
dari arsitektur ampe jeroan2nya vga(parah)..
Tapi,masalahnya pada akhirnya kita kan ngeliat performa vga di
game,bukan secara teori aja. jadi yg lebih esensial buat dibahas itu ya
apa aja sih jeroan2nya vga yg ngefek ke performa game..
khusus buat seri 48 n 98+gt200,pertimbangannya:
1. Ati n nvidia punya pendekatan yg berbeda buat pasar game.ATI(dengan
AMD sbg atasannya) lebih ngejar pasar mid-low end segment dgn
menyediakan VGA MURAH.moto mereka bisa dibilang komputer untuk
semua(teknologi massal).sedang nvidia lebih ngejar brand image n
"performance crown".moto mereka,klo bisa bikin vga super kuenceng,org2
yg mau beli produk mid-low end akan langsung pcaya ama produk
nvidia(orang-orang lugu-red).
sejauh ini bisa saya bilang keduanya sama2 sukses.ATI sukses bikin vga
murah dgn ukuran(die size) n watt kecil n fitur bagus(HDMI with 7.1
audio bt HomTeaterPC) contohnya ya produk 4650,4670.nvidia juga sukses
bikin vga super kuenceng yg efisien,juga yg edan spt gtx260,gtx295(yg
baru).
2. Masalahnya kan ada di produk yg berada di perpotongan pasar itu
tadi.simplenya,klo mau vga murah lebih kenceng ATI,klo mau vga mahal
lebih kuat nvidia.klo vga tengah?nah,produk tengah2 ini,buat ATI adalah
produk hi-endnya mereka(ingat,pasar mereka "rakyat jelata").sedang buat
nvidia baru produk mid-endnya(seri 9[You must be registered and logged in to see this image.].yang
manakah yg paling woth it,mengingat masing2 punya penawaran menarik.ATI
dengan dx 10.1(dgn fitur tessalation=lebih cepat ngeload polygon obyek
yg rumit)+built in HDMI w/ audio,sedang nvidia menawarkan "eyecandy"
physx n CUDA(ati juga katanya menjanjikan tandingan CUDA yaitu platform
Stream dan sbg tambahan konsep fusion buat mereka yg pake all-AMD
hardware).
3. Masing2 punya arsitektur yg berbeda..jadi punya kelebihan dan
kekurangan yg berbeda pula.
HD 4850 punya 800 SPU,40texturing unit,16 ROPs.buat 4870, sebagai
tandingan 448 bitnya gtx260,bandwith ditingkatkan pake DDR5
sedang nvidia 9800gtx punya 128 SPU,64texturing unit,16 ROPs.dan gtx260
punya 192SP,64TxturUnit,28ROPs,dan 448bit DDR3(gtx 260 pada dasarnya
adalah gtx 280 yg ditutup 2 dari total 10blok pada corenya,sedang di GTX
216SP 1hanya 1blok yg ditutup,sehingga jadi 9blok).
Shader dan Texture
1. Game is not just about shading.masih ada tekstur,framebuffer(besar
memory vga),bandwith dll yg mempengaruhi performa game.
2. 800SP Ati secara sederhana didapat dengan "5 way-160shader".jadi wlpn
phisical 160sp,efektifnya adalah 800sp.mungkin mirip kaya teknologi DDR
vga mungkin.(pada tau kan klo ddr5nya 4870 cuma kebaca 900MHz
padahal,efektifnya 3600MHz.
3. Umumnya para benchmark memukul rata setingan vga yg ditest.padahal
spt yg saya blg diatas, ATI n Nvidia punya kelebihan dan kekurangan
masing2.ati punya lebih bnyak shaderproc,lebih kuat di kalkulasi shading
yg rumit,terutapa DX10.sementara nvidia punya texturing unit yg
berlimpah,jadi settingan ultra untuk tekstur game ga akan ngaruh banyak
sama performancenya.
contoh kasus:
Pada game Crysis, pake 4850 dgn settingan all high liat berapa fps yg
didapat. Terus coba naikin shading n shadownya ke ultra.fpsnya ga akan
turun drastis.sekarang turunkan texturenya ke medium.liat bahwa fpsnya
nambah scr signifikan.trus naikin ke ultra high.nah,sekarang pastinya
bakal banyak lag n FPSnya turun banget.
terus coba pake 9800gtx waktu shading sm shadownya dinaikin ke ultra
fpsnya ngurang drastis,ampe ngelag..tapi ketika texturenya dinaikin ke
ultra high, serasa ga ngaruh ke performancenya.
itulah yg saya sebut dengan kelebihan dan kekurangan masing2...sekarang
tinggal pilih aja, lebih prefer sama game yg shadingnya gila2an atau yg
texturenya ultra high.
4. Kenyataan bahwa raw performancenya ATI lebih kuat dari nvidia
berhubung punya shader lebih banyak. sehingga ati lebih CPU bound
dibanding Nvidia akibat CPU harus memberi makan/feeding lebih banyak
data untuk tiap shaderprocnya.
ini bisa menjelaskan kenapa vga ati lemah di resolusi rendah/di
settingan rendah.sementara klo semua setting dibikin pooll(dengan
texture yg ga berlebihan tentunya) bro semua akn melihat vga ATI akan
merocket launching dirinya sampai jauh meninggalkan vga nvidia yg
setara.
liat juga fenomena 4870x2 yg lebih lemah dari 295gtx terutama klo cuma
pake CPU core2,atau triple SLI system yg skor CPUnya lebih rendah
dibanding dual SLI klo ditest pake benchmark tool. itu semua menandakan
vga yg lebih kuat juga membutuhkan CPU yg lebih kuat/CPU bikin vga tadi
bottlenecked.
lebih dari itu,buat GTX260 adanya ekstra ROPs (hampir 2x lipatnya 4870)
yg juga trmasuk pusat otaknya vga, bikin gtx 260 bisa mengmbangi shading
powernya 4870.(saya juga masih dalam penelitian lebih lanjut mengenai
si ROPs ini)
5. Mengenai physX bisa saya bilang itu sunat hukumnya, buat yg mau beli
vga mid end ke bawah, sebaiknya lupakanlah PhysX karena walaupun
support,akan membuat vga lemah dlm make settingan yg wajib(kaya
AA,tekstur,shading).jadi karena pada dasarnya produk mid endnya ati
lebih kuat,ditambah physX "kurang baik" untuk vga mid-low endnya nvidia,
maka bisa dibilang 4550,4650,4670 adalah best buy untuk harga yg
ditawarkannya.
sedangkan buat yg mau nyari vga lebih kuat dari 4850/9800gtx+, untuk
saat ini nvidia masih menjadi solusi terbaik kelas ini.
Apa itu Memory Bus (Bit), Video Memory
(Mb), Bandwith (GB/s), dan Kecepatan (DDR)?
Kayaknya masih banyak yg masih miss leading sama lebar pita data/bit.
Simpelnya,Bit dan jenis memory(DDR)itu nentuin bandwith data memory vga.
Bandwith nentuin kcepatan transfer data dari memory buat diproses ama
core.bandwith itu bisa dicek pakai gpu-z (berapa GB/s).buat yg udah
liat,kalo bingung kenapa bisa dpet hasil segitu,itung2annya besar bit
dibagi 8 dikali kecepatan DDR.
Misal:9800gtx.memory bandwithnya 256/8 x 2200(ddr3)=70,4GB/s
Memory Bus (Bit): Ibaratnya pipa ledeng.klo mau dapet air banyak, ya
dibikin lebih lebar pipanya.. Tapi, imbasnya vga jadi gede2/makan space
banyak.liat aja beda ukuran vga yg 64,128,256,n 512bit.
klo DDR tu data rate per pin, ibaratnya daripada bikin pipanya gede,
mending bukaan kerannya aja yg dipolin(arusny yg dibikin kenceng).
sehingga,umumnya kalo teknologi jenis memory vga(DDR)udah mentok,baru
bitnya dibikin lebar/vganya kepaksa jadi gede2.
GPU/vga sangat menyukai bandwith yg gede. Makin gede bandwith, makin
cepet data2 raw kaya texture,shader,engine fisik n bla2 yg disampaikan
di core tiap detiknya.ntar corenya yg ngerender/menterjemahkannya jadi
gambar.klo ukuran memory ngaruh ke jumlah data yg bisa disimpen vga,biar
ga ngakses hardisk n RAMnya komp sering2.klo udah kekurangan
memory(biasanya akibat make texture ultra high atau res yg kegedean atau
make AA berlebihan), vga akan sibuk ngeload data dari hardisk n RAM
komp n bikin FPS jadi drop drastisss+macrostuttering(ngelag) akibat ada
jeda buat nginput data dari hardisk ke memory vga, sama jeda dari memory
vga yg ga onboard(RAM komp yg dishare) ke corenya vga.
Bisa dianalogikan seperti mobil ..Torsinya bisa dibilang bandwith, Horse
Powernya bisa dibilang si corenya. Tapi ga cuma sekedar core clock.
Soalnya core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (klo dulu istilahnya
pixelshader&vertexshader),&texturing unit.clocknya rendah tapi
klo yg 3tadi gede ya tetep aja kuat..
Contoh,coba aja adu 9800gtx didownclock500MHz sama 9600gt 650MHz.sama2
256 bit,sama2 ddr3 tapi beda jumlah ROPs,SPU n Texturing Unit, tapi
9800gtx bisa lebih kuat.
Tapi kalo bandwith dibilang ngaruh di resolusi tinggi bisa dibilang
keliru.soalnya spt yg saya bilang diatas,yg lebih bertanggung jawab buat
resolusi,texture ama pemakaian AA ya ukuran memory.justru bandwith
ngaruhnya di resolusi rendah.klo bandwithnya gede,pasti vganya akan
"scaling well" dari res kecil ke gede.tapi klo bandwithnya kecil,vga
akan kekurangan tenaga di res rendah.itulah yang disebut dengan
bottleneck
gini deh,tau core i7 kan?karna bandwith memory yg dipake gede(ddr3) n
bitnya juga gede(1366pin) kmampuannya ngehandel triple SLI jadi
meningkat drastis dibandingin Quad core yg pake DDRII dgn 775 pin.
corei7 jg nge-eliminate bottleneck quadcore di resolusi rendah (liat
benchmark).
Enjoy [You must be registered and logged in to see this image.] Vs
Segmentasi Pasar
Klo liat review,tomshardware mnurut saya lumayan komprehensif.dijelasin
dari arsitektur ampe jeroan2nya vga(parah)..
Tapi,masalahnya pada akhirnya kita kan ngeliat performa vga di
game,bukan secara teori aja. jadi yg lebih esensial buat dibahas itu ya
apa aja sih jeroan2nya vga yg ngefek ke performa game..
khusus buat seri 48 n 98+gt200,pertimbangannya:
1. Ati n nvidia punya pendekatan yg berbeda buat pasar game.ATI(dengan
AMD sbg atasannya) lebih ngejar pasar mid-low end segment dgn
menyediakan VGA MURAH.moto mereka bisa dibilang komputer untuk
semua(teknologi massal).sedang nvidia lebih ngejar brand image n
"performance crown".moto mereka,klo bisa bikin vga super kuenceng,org2
yg mau beli produk mid-low end akan langsung pcaya ama produk
nvidia(orang-orang lugu-red).
sejauh ini bisa saya bilang keduanya sama2 sukses.ATI sukses bikin vga
murah dgn ukuran(die size) n watt kecil n fitur bagus(HDMI with 7.1
audio bt HomTeaterPC) contohnya ya produk 4650,4670.nvidia juga sukses
bikin vga super kuenceng yg efisien,juga yg edan spt gtx260,gtx295(yg
baru).
2. Masalahnya kan ada di produk yg berada di perpotongan pasar itu
tadi.simplenya,klo mau vga murah lebih kenceng ATI,klo mau vga mahal
lebih kuat nvidia.klo vga tengah?nah,produk tengah2 ini,buat ATI adalah
produk hi-endnya mereka(ingat,pasar mereka "rakyat jelata").sedang buat
nvidia baru produk mid-endnya(seri 9[You must be registered and logged in to see this image.].yang
manakah yg paling woth it,mengingat masing2 punya penawaran menarik.ATI
dengan dx 10.1(dgn fitur tessalation=lebih cepat ngeload polygon obyek
yg rumit)+built in HDMI w/ audio,sedang nvidia menawarkan "eyecandy"
physx n CUDA(ati juga katanya menjanjikan tandingan CUDA yaitu platform
Stream dan sbg tambahan konsep fusion buat mereka yg pake all-AMD
hardware).
3. Masing2 punya arsitektur yg berbeda..jadi punya kelebihan dan
kekurangan yg berbeda pula.
HD 4850 punya 800 SPU,40texturing unit,16 ROPs.buat 4870, sebagai
tandingan 448 bitnya gtx260,bandwith ditingkatkan pake DDR5
sedang nvidia 9800gtx punya 128 SPU,64texturing unit,16 ROPs.dan gtx260
punya 192SP,64TxturUnit,28ROPs,dan 448bit DDR3(gtx 260 pada dasarnya
adalah gtx 280 yg ditutup 2 dari total 10blok pada corenya,sedang di GTX
216SP 1hanya 1blok yg ditutup,sehingga jadi 9blok).
Shader dan Texture
1. Game is not just about shading.masih ada tekstur,framebuffer(besar
memory vga),bandwith dll yg mempengaruhi performa game.
2. 800SP Ati secara sederhana didapat dengan "5 way-160shader".jadi wlpn
phisical 160sp,efektifnya adalah 800sp.mungkin mirip kaya teknologi DDR
vga mungkin.(pada tau kan klo ddr5nya 4870 cuma kebaca 900MHz
padahal,efektifnya 3600MHz.
3. Umumnya para benchmark memukul rata setingan vga yg ditest.padahal
spt yg saya blg diatas, ATI n Nvidia punya kelebihan dan kekurangan
masing2.ati punya lebih bnyak shaderproc,lebih kuat di kalkulasi shading
yg rumit,terutapa DX10.sementara nvidia punya texturing unit yg
berlimpah,jadi settingan ultra untuk tekstur game ga akan ngaruh banyak
sama performancenya.
contoh kasus:
Pada game Crysis, pake 4850 dgn settingan all high liat berapa fps yg
didapat. Terus coba naikin shading n shadownya ke ultra.fpsnya ga akan
turun drastis.sekarang turunkan texturenya ke medium.liat bahwa fpsnya
nambah scr signifikan.trus naikin ke ultra high.nah,sekarang pastinya
bakal banyak lag n FPSnya turun banget.
terus coba pake 9800gtx waktu shading sm shadownya dinaikin ke ultra
fpsnya ngurang drastis,ampe ngelag..tapi ketika texturenya dinaikin ke
ultra high, serasa ga ngaruh ke performancenya.
itulah yg saya sebut dengan kelebihan dan kekurangan masing2...sekarang
tinggal pilih aja, lebih prefer sama game yg shadingnya gila2an atau yg
texturenya ultra high.
4. Kenyataan bahwa raw performancenya ATI lebih kuat dari nvidia
berhubung punya shader lebih banyak. sehingga ati lebih CPU bound
dibanding Nvidia akibat CPU harus memberi makan/feeding lebih banyak
data untuk tiap shaderprocnya.
ini bisa menjelaskan kenapa vga ati lemah di resolusi rendah/di
settingan rendah.sementara klo semua setting dibikin pooll(dengan
texture yg ga berlebihan tentunya) bro semua akn melihat vga ATI akan
merocket launching dirinya sampai jauh meninggalkan vga nvidia yg
setara.
liat juga fenomena 4870x2 yg lebih lemah dari 295gtx terutama klo cuma
pake CPU core2,atau triple SLI system yg skor CPUnya lebih rendah
dibanding dual SLI klo ditest pake benchmark tool. itu semua menandakan
vga yg lebih kuat juga membutuhkan CPU yg lebih kuat/CPU bikin vga tadi
bottlenecked.
lebih dari itu,buat GTX260 adanya ekstra ROPs (hampir 2x lipatnya 4870)
yg juga trmasuk pusat otaknya vga, bikin gtx 260 bisa mengmbangi shading
powernya 4870.(saya juga masih dalam penelitian lebih lanjut mengenai
si ROPs ini)
5. Mengenai physX bisa saya bilang itu sunat hukumnya, buat yg mau beli
vga mid end ke bawah, sebaiknya lupakanlah PhysX karena walaupun
support,akan membuat vga lemah dlm make settingan yg wajib(kaya
AA,tekstur,shading).jadi karena pada dasarnya produk mid endnya ati
lebih kuat,ditambah physX "kurang baik" untuk vga mid-low endnya nvidia,
maka bisa dibilang 4550,4650,4670 adalah best buy untuk harga yg
ditawarkannya.
sedangkan buat yg mau nyari vga lebih kuat dari 4850/9800gtx+, untuk
saat ini nvidia masih menjadi solusi terbaik kelas ini.
Apa itu Memory Bus (Bit), Video Memory
(Mb), Bandwith (GB/s), dan Kecepatan (DDR)?
Kayaknya masih banyak yg masih miss leading sama lebar pita data/bit.
Simpelnya,Bit dan jenis memory(DDR)itu nentuin bandwith data memory vga.
Bandwith nentuin kcepatan transfer data dari memory buat diproses ama
core.bandwith itu bisa dicek pakai gpu-z (berapa GB/s).buat yg udah
liat,kalo bingung kenapa bisa dpet hasil segitu,itung2annya besar bit
dibagi 8 dikali kecepatan DDR.
Misal:9800gtx.memory bandwithnya 256/8 x 2200(ddr3)=70,4GB/s
Memory Bus (Bit): Ibaratnya pipa ledeng.klo mau dapet air banyak, ya
dibikin lebih lebar pipanya.. Tapi, imbasnya vga jadi gede2/makan space
banyak.liat aja beda ukuran vga yg 64,128,256,n 512bit.
klo DDR tu data rate per pin, ibaratnya daripada bikin pipanya gede,
mending bukaan kerannya aja yg dipolin(arusny yg dibikin kenceng).
sehingga,umumnya kalo teknologi jenis memory vga(DDR)udah mentok,baru
bitnya dibikin lebar/vganya kepaksa jadi gede2.
GPU/vga sangat menyukai bandwith yg gede. Makin gede bandwith, makin
cepet data2 raw kaya texture,shader,engine fisik n bla2 yg disampaikan
di core tiap detiknya.ntar corenya yg ngerender/menterjemahkannya jadi
gambar.klo ukuran memory ngaruh ke jumlah data yg bisa disimpen vga,biar
ga ngakses hardisk n RAMnya komp sering2.klo udah kekurangan
memory(biasanya akibat make texture ultra high atau res yg kegedean atau
make AA berlebihan), vga akan sibuk ngeload data dari hardisk n RAM
komp n bikin FPS jadi drop drastisss+macrostuttering(ngelag) akibat ada
jeda buat nginput data dari hardisk ke memory vga, sama jeda dari memory
vga yg ga onboard(RAM komp yg dishare) ke corenya vga.
Bisa dianalogikan seperti mobil ..Torsinya bisa dibilang bandwith, Horse
Powernya bisa dibilang si corenya. Tapi ga cuma sekedar core clock.
Soalnya core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (klo dulu istilahnya
pixelshader&vertexshader),&texturing unit.clocknya rendah tapi
klo yg 3tadi gede ya tetep aja kuat..
Contoh,coba aja adu 9800gtx didownclock500MHz sama 9600gt 650MHz.sama2
256 bit,sama2 ddr3 tapi beda jumlah ROPs,SPU n Texturing Unit, tapi
9800gtx bisa lebih kuat.
Tapi kalo bandwith dibilang ngaruh di resolusi tinggi bisa dibilang
keliru.soalnya spt yg saya bilang diatas,yg lebih bertanggung jawab buat
resolusi,texture ama pemakaian AA ya ukuran memory.justru bandwith
ngaruhnya di resolusi rendah.klo bandwithnya gede,pasti vganya akan
"scaling well" dari res kecil ke gede.tapi klo bandwithnya kecil,vga
akan kekurangan tenaga di res rendah.itulah yang disebut dengan
bottleneck
gini deh,tau core i7 kan?karna bandwith memory yg dipake gede(ddr3) n
bitnya juga gede(1366pin) kmampuannya ngehandel triple SLI jadi
meningkat drastis dibandingin Quad core yg pake DDRII dgn 775 pin.
corei7 jg nge-eliminate bottleneck quadcore di resolusi rendah (liat
benchmark).
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
kalo menurut aq kang ati karena ati palingg murah,,,tpi kok masalah gambar an kualitas kyky menang bgt nvidiaboongasz wrote:jadi yg paling bagus mana ni boz??jadi bingung ni??
Feirha- Donatur
$$$
- Join date : 21.03.10
Age : 33
Location : MEDAN KOTA BESTARI
Tim Favorit : INTER FC
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
^^
jadi sebaiknya pake yang mana dunk?
jadi sebaiknya pake yang mana dunk?
chaundeep- PES Profesional
- Join date : 08.04.10
Age : 37
Location : Cilegon
Tim Favorit : FC BARCELONA
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
wahhhhhhhhhhhhh bagus sama istimewa..hahahahahahahahahahha susah
andai ae ada vga card merek baru yg gabungin ati dan nvidia
andai ae ada vga card merek baru yg gabungin ati dan nvidia
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
kang ane mao tanya dong
kan ane mao nabung yaah
max 2 juta lah(itu juga kalo nyampe )
ane mao upgrade komp
bagusan ane ganti apa yaah?
spec ane skrng
-Intel Core 2 1.80ghz(ane mao nmbah ghznya doang bisa ga kang,soalnya kurang bgt hehe,apa harus ganti prosesor?)
-VGA Nvidia 6200 (512 mb)(ini juga mao ane tambah kang bagusan ganti apa ya kang?ATI RADEON versi brp? atau Nvidia versi berpa?)
cara liat motherboard gmn sih kang(atau harus dari dlm cpunya??
ane takut ga support ma prosesor dan VGAnya
mohon bantuannya yah kang
maaf yah kalo oot
kan ane mao nabung yaah
max 2 juta lah(itu juga kalo nyampe )
ane mao upgrade komp
bagusan ane ganti apa yaah?
spec ane skrng
-Intel Core 2 1.80ghz(ane mao nmbah ghznya doang bisa ga kang,soalnya kurang bgt hehe,apa harus ganti prosesor?)
-VGA Nvidia 6200 (512 mb)(ini juga mao ane tambah kang bagusan ganti apa ya kang?ATI RADEON versi brp? atau Nvidia versi berpa?)
cara liat motherboard gmn sih kang(atau harus dari dlm cpunya??
ane takut ga support ma prosesor dan VGAnya
mohon bantuannya yah kang
maaf yah kalo oot
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
kalo mau naikn GHZ bsa di Overclock procie nya,, dan untuk meng OC kudu punya perhitungan, supaya ga kelebihan naikin nya bisa" jebluk tuh procie ato PSU ente hehehe
kalo mau procie mantab murah, paling ngga make AMD x2 /amd phenom X4
kalo mau intel core i3 (love this)
kalo VGA nvidia tuh oke banget udah dapet physix buat kehalusan GAME tapi paling ngga NVIDIA nya yang manteb (cuman mahal)
kalo mau murah make ATI yang lagi booming yaitu seri 5xxx
udah suport direct X 11 yang buat game makin kinclong gambarnya (khusus game yang udah suport)
kalo mau yang murah lagi make VGA ATI 4770 atau 4890
mending kalo duit cekak make 4770 aja dah dewa kompie akang
untuk review bisa di lihat ke room debat
kalo mau tau VGA procie ama motherboard sesuai apa ngga,
mending cari review" di beberapa situs banyak banget kok
kalo mau procie mantab murah, paling ngga make AMD x2 /amd phenom X4
kalo mau intel core i3 (love this)
kalo VGA nvidia tuh oke banget udah dapet physix buat kehalusan GAME tapi paling ngga NVIDIA nya yang manteb (cuman mahal)
kalo mau murah make ATI yang lagi booming yaitu seri 5xxx
udah suport direct X 11 yang buat game makin kinclong gambarnya (khusus game yang udah suport)
kalo mau yang murah lagi make VGA ATI 4770 atau 4890
mending kalo duit cekak make 4770 aja dah dewa kompie akang
untuk review bisa di lihat ke room debat
kalo mau tau VGA procie ama motherboard sesuai apa ngga,
mending cari review" di beberapa situs banyak banget kok
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
@kang dravann;
itu procie nya seri berapa?..
selain procie n vga, ram jg menentukan lho kang?
klo ikut saran mimin pke amd or i3, kayaknya perlu ganti jg tuh mobo nya..
klo gak salah kan itu chipsetnya 775 min...
klo menurut ane, dgn budget 2jt,
mending diganti vga nya aja, n naikin ram smpe 2gb..
itu procie nya seri berapa?..
selain procie n vga, ram jg menentukan lho kang?
klo ikut saran mimin pke amd or i3, kayaknya perlu ganti jg tuh mobo nya..
klo gak salah kan itu chipsetnya 775 min...
klo menurut ane, dgn budget 2jt,
mending diganti vga nya aja, n naikin ram smpe 2gb..
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
wah gitu yah kang
kalo mao di overlock gmn tuh kang?
harus ke tempat service komputer atau kita bisa sndiri?
dan perhitungannya gmn kang?
mnurut akang ghz ane di naikin sampe berapa yah kang?
wah wah wah,
procie
amd x2 brp tuh kang?
amd phenom?
intel core i3?
saya kayaknya lebih suka ATI kang
NVIDIA kemahalan hehe,
nah ATI berpaan tuh kang?
yg seri 5xxx boleh tuh,
kalo ga yg 4770
soalnya ane lagi dmen ama ascreed 2 nih
di komp ane mainnya lag bgt kang
sedangkan di tmn ane mainnnya lancar
dia menang 2.4 ghz dan ati 4770
wahahaha,
kang blh tau ga situs indo yg tentang vga dan procie
ane mls kalo situs luar pake dolar dolaran bingung
maaf ya kang kalo banyak tanya hhe,
kalo mao di overlock gmn tuh kang?
harus ke tempat service komputer atau kita bisa sndiri?
dan perhitungannya gmn kang?
mnurut akang ghz ane di naikin sampe berapa yah kang?
wah wah wah,
procie
amd x2 brp tuh kang?
amd phenom?
intel core i3?
saya kayaknya lebih suka ATI kang
NVIDIA kemahalan hehe,
nah ATI berpaan tuh kang?
yg seri 5xxx boleh tuh,
kalo ga yg 4770
soalnya ane lagi dmen ama ascreed 2 nih
di komp ane mainnya lag bgt kang
sedangkan di tmn ane mainnnya lancar
dia menang 2.4 ghz dan ati 4770
wahahaha,
kang blh tau ga situs indo yg tentang vga dan procie
ane mls kalo situs luar pake dolar dolaran bingung
maaf ya kang kalo banyak tanya hhe,
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
@kang da_cott
duh liat seri procie gmn kang?
yang ini bukan
Intel(R) Core(TM) 2CPU 4300 @1.80 GHz (2CPUs)
ram ane 1.5 kang(kurang bgt yaah)
iah kang bner yang ane takutkan ada tambahan mobo
mobo kan mahal kang
blh juga sih itu kang
duh liat seri procie gmn kang?
yang ini bukan
Intel(R) Core(TM) 2CPU 4300 @1.80 GHz (2CPUs)
ram ane 1.5 kang(kurang bgt yaah)
iah kang bner yang ane takutkan ada tambahan mobo
mobo kan mahal kang
blh juga sih itu kang
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
@kang dravann;
ia seri nya itu yg 4300..
klo ram, itu 2gb, tapi k detect 1,5..
ia seri nya itu yg 4300..
klo ram, itu 2gb, tapi k detect 1,5..
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
hem
tapi pertama x ane beli ini ram tuh 512 kang
nah ane tambah 1 giga jadi 1.5
kang gmn caranya tambah Ghz?
tapi pertama x ane beli ini ram tuh 512 kang
nah ane tambah 1 giga jadi 1.5
kang gmn caranya tambah Ghz?
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
nambag Ghz itu di overclock lewat bios kamu,
perhitungannya tergantung PSU kamu kuat apa ngga di oc ampe tinggi
perhitungannya tergantung PSU kamu kuat apa ngga di oc ampe tinggi
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
wah....bingung gini uy......sekarang ane pake Nvdia 9600GT yg 256 drect x 11, hdmi support. memory pake 4 GB (kbaca3.5 GB di win 7) prosesor AMD x2 5000. dengan spec segini kadang PES 2010 (full patch) res 1900 x 1024 (kl ga salah) masih suka maen di 30 fps (agak tersendat 30 ke 60 fps..kadang2 sih kl lagi rebutan bola 1 vs 8 orang)....
kira2 ane perlu naik spec ga nih?...VGA nya mungkin..mobo ane cm support NVIDIA kayanya..lupa seri nya seri berapa........
kira2 ane perlu naik spec ga nih?...VGA nya mungkin..mobo ane cm support NVIDIA kayanya..lupa seri nya seri berapa........
bakero_133- Patcher
- Join date : 07.04.10
Age : 41
Location : bandung - bintaro - depok
Tim Favorit : Manchester United, Timnas Indo
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
@kang mimin
kang ajarin caranya dong kang overclock ghznya
step by step kang
kang ajarin caranya dong kang overclock ghznya
step by step kang
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
waduh kang kalo OC"an tuh dari bios akang, soalnya beda mobo beda caranya
jadi saya harus ngadepin tuh kompi baru saya bisa , soalnya beda mobo beda letak" setting nya
coba aja cari di google kang yang tipe nya sesuai mobo akang
jadi saya harus ngadepin tuh kompi baru saya bisa , soalnya beda mobo beda letak" setting nya
coba aja cari di google kang yang tipe nya sesuai mobo akang
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
haha
saya udah bisa kang
cuma bisa dari 200 ke 223
tapi kalo OC ngeliat dr my comp ttp ga berubah ya kang?
misal
di my comp 1.80GHz
sesudah di OC ttp ya kang?
kalo akang gmn?
saya udah bisa kang
cuma bisa dari 200 ke 223
tapi kalo OC ngeliat dr my comp ttp ga berubah ya kang?
misal
di my comp 1.80GHz
sesudah di OC ttp ya kang?
kalo akang gmn?
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
harus nya berubah kang,, udah di save belum tuh settingan nya di bios?
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
udah kang
tapi pas ane OC yang berubah cuma speed doang kang
nah loh brarti ada yg beda nih
tapi pas ane OC yang berubah cuma speed doang kang
nah loh brarti ada yg beda nih
dravann- Balarupa
- Join date : 28.02.10
Age : 30
Location : Cibubur
Tim Favorit : Chelsea Football Club
Re: Perbedaan Mendasar ATI & Nvidia
akang ... klo mobo ane ECS GF8200 dengan cipset nvidia, procie AMD 7850 AM2+ Memori 2 GB, PSU Simbadda 380 watt,
VGA cardnya yg cocok apaan ya ? Klo sama ATI cocok ga ?
pencerahannya please...
VGA cardnya yg cocok apaan ya ? Klo sama ATI cocok ga ?
pencerahannya please...
nomad- PES Pemula
- Join date : 19.02.10
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» [ASK] Perbedaan PES 6 sama PES yang laen
» perbedaan PES 2013 & 2012 punya saya
» Gak Kebaca NVIDIA
» [ASK] Nvidia ga kebaca PES 14 ?
» [ASK]Nvidia yg cocok untuk PES 2012
» perbedaan PES 2013 & 2012 punya saya
» Gak Kebaca NVIDIA
» [ASK] Nvidia ga kebaca PES 14 ?
» [ASK]Nvidia yg cocok untuk PES 2012
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
|
|